jam

Kamis, 14 Agustus 2008

kontrol

Kontrol adalah proses memastikan apakah aktivitas yang dilakukan sesuai dengan yang direncanakan.Efektifitas pencapaian sasaran dan Efisiensi penggunaan sumber daya.
Menetapkan standar dan metode pengukuran kinerja.
Mengukur kinerja
Menentukan apakah kinerja sesuai dengan standar
Mengambil tindakan korektif.

Sistem kontrol = kumpulan prosedur (multistep procedure) yang diaplikasikan pada beberapa jenis kegiatan kontrol.
Key Performance Areas (KPA) atau Key Result Areas (KRA) = aspek-aspek dari unit organisasi maupun organisasi secara keseluruhan yang harus berfungsi atau berjalan secara efektif (tercapai) kalau unit organisasi atau organisasi tersebut ingin sukses.
Strategic control points merupakan titik kritis dalam sistem kontrol

Fungsional Standar Kinerja
Production Quality, Quantity, Cost, Individual Job Performance.
Marketing Sales Volume, Sales Expense, Advertising Expenditures, Individual Salesperson’s Performance.
Personnel Management Labor Relations, Labor Turnover, Labor Absenteeism.
Finance & Accounting Capital Expenditures, Inventories, Flow of Capital, Liquidity.

Neraca atau balance sheet
Deskripsi organisasi mengenai posisi aset (assets), kewajiban (liabilities) dan modal (net worth) pada waktu tertentu.
Laporan laba rugi atau income statement
Ringkasan kinerja keuangan organisasi dalam interval waktu tertentu.
Laporan aliran kas atau cash flow statement
Aliran dana masuk maupun aliran penggunaan dana: kegiatan operasi (cash from operations), kegiatan investasi (cash from investing) & pembiayaan (cash from financing).

Auditing merupakan proses penilaian untuk memverifikasi dan memvalidasi kejujuran dan keakuratan laporan keuangan perusahaan sebagai dasar untuk pembuatan keputusan bagi pihak manajemen.
Terdapat dua jenis audit, yaitu:
External audit: penilai independen
Internal audit: internal organisasi

Bukan untuk mencari kesalahan karyawan, namun untuk menjaga & mengelola kinerja karyawan.
Pendekatan penilaian kinerja:
Result based (hasil), misalnya sales, kecepatan kerja, dsb
Process based (proses), misalnya kedisiplinan, kerjasama, inisiatif, kreatifitas, dsb

Meningkatkan kecepatan dan keakuratan proses kontrol
Prinsip:
The right information
The right people
The right time
Penunjang pembuatan keputusan

Tidak ada komentar: